Enter your keyword

Bacalah tanpa harus menerima begitu saja. Berfikirlah tanpa harus bersikap sombong. Yakinlah tanpa harus bersikap fanatik. Dan, jika anda memiliki pendapat, kuasai dunia dengan kata-kata.

Rabu, 15 Januari 2014

[Tutorial] Satu CMS untuk Beberapa Blog

printscreen Kutub Boekoe
KITA beruntung punya media blog yang bisa dipakai gratis. Artinya isi kepala kita bisa kita publikasikan dan dibaca orang kapanpun kita mau. Tentunya dengan biaya yang terjangkau tapi lebih efektif dan daya sebar yang lintas benua. Asyik ya?

Ibarat rumah, blog adalah tempat kita menyimpan semua perkakas rumah tangga (tulisan). Orang miskin (baca: malas) biasanya punya satu rumah saja tidak terurus. Dibiarkan kosong melompong bak gudang tanpa isi. Alhasil tetangga (baca: pengunjung) malas main ke rumah kita. Dampaknya lama-lama rumah itu jadi gubuk kosong yang trafiknya di alexa segitu-gitu aja.

Sebaliknya ada orang-orang yang punya energi lebih untuk mempunyai dua rumah sekaligus. Dalam hal ini mengelola blog lebih dari satu akun. Akun-akun tersebut bisa disesuaikan dengan minat mereka misalnya tentang sastra, traveling, atau buku, atau hobi lainnya.

Hari ini saya membuat sebuah blog baru yaitu Kutub Boekoe. Dari titlenya sudah jelas itu blog isinya apaan. Blog ini satu CMS (Control Managemen System) dengan blog yang sudah ada yaitu Senarai Cinta. Dengan begitu saya nggak perlu bikin blog dengan akun lain. Kemudahannya menurut saya sih sekali login tapi saya bisa mengontrol dua CMS sekaligus.

Contoh cms blog saya
Gimana cara bikinnya? Sangat gampang. Saya yakin para blogger semuanya udah khatam berkali-kali deh soal ini. Tapi kenapa saya buat juga tutorial ini? Ini untuk memenuhi permintaan seorang sahabat. Dia sudah menginspirasi saya untuk membuat Kutub Boekoe, giliran saya menyenangkan hatinya :-D

Langkah pertama: Masuk (login) ke blog kamu


Klik tanda masuk di pojok kanan atas, kalau kamu pas lagi buka akun gmail dari satu tab biasanya begitu kita klik masuk langsung login otomatis. Kalau enggak kamu tinggal masukkan alamat email dan password.

Langkah 2: Klik tanda Blog Baru seperti yang ada di pojok kiri atas gambar di bawah ini



Langkah 3: Isi Kolom Judul dan Alamat Blog Sesuai Selera Kamu.

Kalau sudah klik salah satu template yang ada di sini, setelah itu klik Buat Blog! yang warna kuning telur itu.  Saat mengisi alamat blog kalau tidak tersedia langsung ketahuan.

Langkah 4: Blog Kamu Sudah Jadi, Ini Penampang CMS Barunya
Lihat, sudah ada tiga nama blognya. Nah kalau mau editing tinggal klik di salah satu nama blognya. Blog kamu penampangnya (blogspot) gini juga kan? Kalau mau balik ke semula klik saja button Blog Saya yang kuning itu. 

Nah itulah sedikit tutorial cara mengelola beberapa blog dari satu CMS. Semoga berguna yang rerakan :-). Cuma kalau pake cara begini nama penggunanya tetap satu, saya misalnya walaupun ngepost di Kutub Boekoe atau di Urat Nari tetap saja authornya muncul sebagai Ihan Sunrise. Artinya kamu ngga bisa nutupin jati diri kamu alias bersembunyi di balik akun blog yang baru.[]

1 komentar:

  1. Wah, asyik juga ya... So, mesti buat alamat baru juga ya buat blog barunya?

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung. Salam blogger :-)

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email