Enter your keyword

Bacalah tanpa harus menerima begitu saja. Berfikirlah tanpa harus bersikap sombong. Yakinlah tanpa harus bersikap fanatik. Dan, jika anda memiliki pendapat, kuasai dunia dengan kata-kata.

Minggu, 02 Maret 2014

Lima Fakta Unik ini Terjadi di Aceh

@blaoblong.blogspot.com

Setiap daerah punya keunikannya masing-masing. Keunikan ini akan menjadi ciri khas atau identitas suatu daerah. Walaupun tidak ada hubungannya dengan budaya atau adat istiadat di daerah setempat. Begitu keunikan atau sisi lain itu disebut orang yang mendengarnya akan langsung teringat atau terbayang-bayang pada daerah tertentu. Begitu juga halnya dengan Aceh.

Provinsi yang berada di ujung paling barat Indonesia ini memang punya banyak keunikan yang selalu menjadi pembicaraan. Entah itu terkait dengan produk hukumnya, cita rasa kuliner, atau hal-hal yang terkait dengan kebiasaan lainnya.

Beberapa hal unik di bawah ini sudah menjadi kebiasaan yang lazim di Aceh. Mungkin Anda sudah atau sama sekali belum pernah mendengarnya. Kalau penasaran datang saja langsung ke Aceh.


Kereta

Alat transportasi yang satu ini paling mudah ditemui di Aceh. Bisa dipastikan hampir setiap rumah tangga di Aceh memilikinya. Bahkan ada yang punya dua atau tiga kereta sekaligus di rumah mereka. Parkirnya di mana ya?

Eits, jangan salah duga dulu. Kereta yang dimaksud bukanlah kereta api yang memiliki gerbong panjang dan besar. Tapi merujuk pada alat transportasi kendaraan roda dua yang di daerah lain umumnya disebut sepeda motor atau motor. Di provinsi tetangganya Sumatera Utara, sepeda motor lazimnya juga disebut kereta. Jadi, jangan heran kalau ada orang Aceh yang pergi ke sawah menggunakan kereta.

Honda

Di Aceh, Honda adalah nama jamak untuk seluruh merk sepeda motor yang ada di dunia. Ada yang mengatakan produsen yang pertama kali memasarkan produk sepeda motornya di Aceh adalah Honda. Dari sinilah cikal bakal nama Honda menjadi populer dan ditabalkan untuk semua alat transportasi sejenis. Jangan bingung kalau ada sebutan Honda Yamaha, Honda Suzuki atau Honda Kawasaki di Aceh. Bengkel yang mudah ditemukan di Aceh umumnya bengkel Honda, bukan bengkel sepeda motor.

Sanyo

Semua orang rasanya familiar kalau Sanyo adalah salah satu merk pompa air. Namun bagi masyarakat Aceh hal ini sepertinya juga berlaku jamak. Semua merk pompa air adalah Sanyo. Jadi jangan heran jika sesekali Anda berkunjung ke rumah warga kemudian mendengar mereka mengatakan “menyalakan Sanyo” padahal menggunakan pompa air merk lain.

Aqua

Aqua merupakan pelopor air mineral kemasan di Indonesia. Namanya telah melekat di hati dan ingatan masyarakat Indonesia. Begitu juga di Aceh. Tapi apa yang terjadi kini? Aqua identik dengan semua air mineral kemasan di Aceh. Kalau Anda sedang duduk di warung kopi bisa saja ketika Anda meminta Aqua tapi yang diberikan justru air kemasan merk lain. Atau sebaliknya.[]

Tulisan ini sudah dipublikasikan di atjehpost

4 komentar:

  1. Daia, wings, surf, attack = RINSO

    BalasHapus
  2. benar, benar Arif, masih banyak yang lainnya, young ma, :-D

    BalasHapus
  3. ia ia... like like beulee

    BalasHapus
  4. iya ya, berarti Branding produknya dapet, cuma kalo Kereta ga tau asal muasal katanya ya

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung. Salam blogger :-)

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email