Enter your keyword

Bacalah tanpa harus menerima begitu saja. Berfikirlah tanpa harus bersikap sombong. Yakinlah tanpa harus bersikap fanatik. Dan, jika anda memiliki pendapat, kuasai dunia dengan kata-kata.

Kamis, 30 November 2017

Berburu Oleh-oleh di Balikpapan dengan Tiket Pesawat Murah

via. tempatwisataseru.com

Mendengar nama Balikpapan, yang terpikirkan di benak kita adalah kota ini sangat dipenuhi dengan berbagai macam kegiatan industry dan pertambangan.
Namun jangan salah, di Ballikpapan ternyata banyak sekali tempat-tempat wisata menarik yang wajib untuk dikunjungi. Mulai dari hutan bakau hingga pantai, dengan ciri khas unik sehingga menjadikan Balikpapan sebagai salah satu tujuan wisata yang wajib didatangi.
Tidak heran rasanya jika kita melihat banyak orang yang memesan tiket pesawat ke Balikpapan untuk keperluan bisnis, namun kemudian betah berlama-lama di kota ini karena keindahan wisatanya.
Selain itu, melakukan perjalanan ke Balikpapan tidak lengkap pula rasanya mencicipi makanan khasnya. Di kota ini sendiri tersedia berbagai macam pilihan makanan yang bisa dicicipi langsung hingga dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Apalagi, masih banyak yang belum tahu apakah sebenarnya Balikpapan punya kuliner khasnya sendiri.
Jadi, jika sudah memesan tiket pesawat ke Balikpapan dan sudah mengunjungi tempat-tempat wisatanya, sekarang saatnya berburu oleh-oleh apa saja yang sebaiknya dicicipi. Berikut beberapa diantaranya:
1. Mantau
via.pondokmantau.com

Mendengar nama Mantau kita pastinya akan teringat dengan kue khas dari Tiongkok. Kue yang proses pembuatannya di kukus ini ternyata merupakan salah satu oleh-oleh khas dari Balikpapan.
Di Balikpapan, Mantau diolah lagi sehingga jadi terlihat berbeda dengan Mantau dari Tiongkok. Bahkan beberapa inovasi pun dilakukan oleh pembuat Mantau di Balikapapan.
Salah satunya adalah dengan menyediakan Mantau Lada Hitam yang kini tengah populer sebagai salah satu oleh-oleh dari Balikpapan.
Apalagi jika ditambahkan dengan isi daging didalamnya, dipastikan kue Mantau khas Balikapapan ini punya cita rasa yang sangat lezat.
2. Pisang gapit

via. prokal.co

Oleh-oleh khas berikutnya dari Balikpapan adalah Pisang Gapit. Bagi masyarakat lokal Blikapapan, oleh-oleh ini disebut pisang jepit.
Pisang khas Balikpapan ini ini dibuat dengan menggunakan bahan baku pisang gepok. Pisang tersebut kemudian dibakar dengan menggunapan api dari arang. Ketika sudah matang, pisang dijepit dengan alat dari kayu dan kembali dibakar hingga menjadi lebih matang.
Nah, untuk menambah kelezatan dari pisang, biasanya pembuat Pisang Gapit akan menambahkannya dengan kuah cokelat plus aroma nangka, gula merah dan santan. Penasaran? Yuk, cicipi oleh-oleh ini langsung di Balikpapan.
3. Aneka olahan kepiting

via. bandanaku.wordpress.com

Salah satu makanan utama yang pasti akan selalu ada di Balikpapan adalah kepiting. Hampir di setiap restoran atau warung makan yang ada di Balikpapan menyediakan kepiting sebagai salah satu menunya.
Tidak heran rasanya jika kepiting ini kemudian diolah lagi, sehingga menjadi ciri khas oleh-oleh yang akan dibawa pulang bagi pendatang yang berkunjung singkat ke Balikpapan.
Berbagai oleh-oleh yang bisa dibawa pulang ini diantaranya adalah kepiting tauco, kepiting mentega, hingga kepiting lada hitam.
Namun, selain makanan tersebut, kepting di Balikapapan juga diolah menjadi makanan lainnya, yaitu menjadi abon.
Cara pembuatannya hampir sama dengan abon yang menggunakan bahan dasar populer seperti sapi atau ayam. Namun, kali ini menggunakan bahan dasar kepiting.


via abonkepiting.com

Salah satu ciri khas yang biasanya akan dirasakan saat mencicipi abon kepiting bersama nasi putih hangat adalah, tekstrunya yang halus, namun menghadirkan rasa yang lebih gurih dan nikmat, apalagi jika ditambahkan dengan olahan sambal pedas.
Dijamin, kepiting abon dari Balikpapan ini punya cita rasa yang tidak ada duanya. Nah, jika sudah memesan tiket pesawat ke Balikpapan, dan kemudian sudah puas mengunjungi tempat wisatanya, jangan lupa untuk membeli salah satu abon kepiting di Balikpapan.

Sebagai rekomendasi abon kepiting dengan merek Botting biasanya akan diburu oleh para pendatang yang sedang berkunjung ke Balikpapan untuk berwisata.[] 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Salam blogger :-)

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email