Jumat, 31 Mei 2024

Happy Birthday from Lingisczka



Aku tidak tahu siapa yang meng-add lebih dulu, aku atau dia. Yang jelas kami, berteman di Facebook. Awalnya aku sempat berpikir bahwa dia adalah lelaki, sebab aku tidak pernah memeriksa info profilnya. Juga aku men-setting akun Facebook-ku untuk tidak menghadirkan foto profil, untuk menghemat paket internet. Setelah berteman di Facebook. Aku coba mengobrol melalui inbox, tujuanku hanya satu, yaitu ingin meminjam novel Moo Yan, Big Breasts and Wide Hips. Aku melihat dia mem-posting-kan foto novel itu di statusnya.

Kami mengobrol agak panjang melalui inbox Facebook. Intinya dia bilang bahwa meminjamkan novel atau buku kepada orang lain sama halnya sepeti meminjamkan celana dalam, itu sangat privasi. Mendengarkan dia bilang seperti, nyaliku agak melemah untuk minta pinjam buku itu. Namun, setelah mengobrol kembali, aku memberanikan diri untuk menulis: “Bolehkah aku pinjam celana dalammu?”

“Boleh,” jawabnya.

Aku heran dengan jawaban dia, padahal kenal juga baru beberapa hari, dengan kurang ajarnya aku minta pinjam celana dalamnya. Mungkin dia tidak takut meminjamkan itu, sebab dia kenal kakak sepupuku di Banda Aceh. Saat itu aku tidak lagi tinggal di Banda Aceh, aku sudah pulang ke Aceh Utara. Tapi salah satu adikku masih kuliah di Banda Aceh yang berencana mau pulang karena liburan. Lantas aku menyuruh adikku untuk menemuia dia dan mengambil novel itu.

Dua hari kemudian novel itu tiba di tanganku, aku menamatkannya dalam waktu satu minggu, waktuku untuk membaca novel itu memang satu minggu, sebab liburan adikku cuma satu minggu. Tak lama setelah adikku mengembalikan buku itu, kami tidak pernah mengobrol lagi. Aku menghilang dari Facebook.

Lalu 14 tahun kemudian, tanpa sengaja kami bertemu kembali di ruang Zoom Buku Bandit, dia sebagai pembicara, kalau tidak salah topiknya tentang perempuan dan kekerasan dalam rumah tangga. Kami tidak pernah bertemu di dunia nyata, pertemuan kami selalu di dunia maya.

Hari ini tanggal 6 Mei 2024, besok tanggal 7 dia berulang tahun yang ke 38. Usia kami sama, hanya beda bulan, aku lahir 6 Juni. Aku menulis ini untuk mengenang pertemuan dunia maya dan persahabatan kami, aku menulis ini di atas ketinggian di tempat kerjaku. Persamaan kami yang paling mencolok adalah kami sama-sama lajang. Bisa jadi kami sama-sama tidak ingin menikah, atau juga belum ketemu jodoh.

Aku sudah punya bidadari, jadi tidak perlu menikah lagi. Kata “bidadari” serapan dari bahasa Sanskerts, dari kata Vidyadhari, yang berarti: Pembawa Pengetahuan. Pembawa pengetahuan itu ya buku. Ketika sedang membaca buku, artinya aku sedang bersenggama. Ini jauh lebih enak dan menyenangkan ketimbang berhubungan badan atau ngeseks. Itulah alasanku butuh melajang. Aku tidak percaya dongeng ada malaikat di sisi kanan dan kiri yang menulis perbuatan manusia. Melainkan manusia itu sendiri yang menuliskannya. 

Selamat ulang tahun Ihan.


Note:

Dikirim pada 6 Mei 2024 oleh Lingisczka, kuposting sebagai kenang-kenangan di masa depan.


Latest
Next Post

Coffee addicted and mother of words

0 komentar:

Terimakasih sudah berkunjung. Salam blogger :-)