Enter your keyword

Bacalah tanpa harus menerima begitu saja. Berfikirlah tanpa harus bersikap sombong. Yakinlah tanpa harus bersikap fanatik. Dan, jika anda memiliki pendapat, kuasai dunia dengan kata-kata.

Kamis, 23 Juni 2016

Cara Pindah dari Blogspot.com ke Domain Pribadi


Alhamdulillah, akhirnya berhasil juga 'pindah rumah' dari ihansunrise.blogspot.com ke ihansunrise.com. Rasanya.... sangat senang sekali pastinya.

Begitu alamat ihansunrise.com muncul di tab browser, saya langsung terlonjak girang. Langsung ngasih tau temen yang duduk di samping. Langsung wa seorang webdev yang selama ini sering saya tanyain ini itu. Dan response dia cuma kasi tanda jempol doang. Huff.... Berikutnya adalah kirim pesan ke grup Gam Inong Bloger di wa.

Postingan ini anggap saja sebagai 'syukuran' atas rumah baru tersebut. Saya tulis hanya beberapa puluh menit setelah alamat dengan domain pribadi tersebut bisa diakses. Sebelumnya, mungkin perlu sedikit saya ceritakan mengapa baru beralih ke domain pribadi setelah 10 tahun lebih ngeblog. Alasanya ya karena saya baru maunya sekarang :-D

Sekian tahun berkecimpung (bekerja) di media online, tentunya sedikit banyak saya tahu apa kelebihan jika pakai domain pribadi. Tapi saya ini agak sedikit aneh, kalau hati belum bilang 'yuk', sekuat apapun orang-orang di sekitar ngomporin, teteh bersikukuh pada pendirian. Pertimbangan lain adalah ingin menunjukkan bahwa saya 'serius' ngeblog kepada teman-teman di GIB. Padahal, udah 10 tahun lebih, apa masih kurang serius?

Jadi ceritanya, saya beli domain ini kemarin siang di rumahweb.com. Berdasarkan saran dari webdev tadi yang supercool kayak es di kutub. Baca-baca di blog juga banyak yang sarankan di rumahweb.com, tapi yang pasti karena perusahaan tempat saya kerja juga pelanggan rumahweb.com siihhh.

Setelah order saya bayar beberapa jam kemudian via atm, selanjutnya konfirmasi pembayaran melalui sms. Tak lama kemudian ada tiga email notifikasi dari rumahweb.com yang memberitahukan kalau domain saya sudah aktif. Waktu itu saya lagi di bengkel, sembari nunggu motor selesai diservice, saya pun buka-buka clientzone yang memang diberikan khusus oleh rumahweb.com untuk kita atur domain yang udah kita beli tadi.

Maklumlah, karena pemula dan penasaran sebentar-sebentar buka www.ihansunrise.com tapi yang muncul selalu laman web ini belum tersedia. Refresh lagi... refresh lagi... masih belum tersedia juga. Akhirnya.... tanya ke owner hananan.com Citra Rahman, apa the next step-nya setelah beli domain. Sengaja tanya japri biar nggak diketawain orang-orang (baca: anggota GIB di grup wa). Citra, karena dia pakai wordpress akhirnya mengarahkan agar saya tanya ke Bang Yudi Randa, pengelola hikayatbanda.com yang baru saja mendapat anugerah sebagai salah satu dari 100 travel blogger Indonesia. Bang Yudi bilang suruh tunggu, baiklah.... saya tunggu.


Malamnya abis buka puasa cek lagi, masih sama juga, belum bisa diakses. Nanya ke webdev, dia juga nggak pernah pakai blogspot jadi tidak bisa ngasih wangsit banyak-banyak. Kepikiran juga, kalau blognya nggak 'diapa-apain' gimana mau beralih ke .com nih... Akhirnya mulailah berselancar dan nyasar ke blognya Mas Sugeng di sugeng.id. Dapatlah penjelasan yang mencerahkan, bahwa setelah punya domain saya harus memasang di blog agar domainnya bisa diakses.

'Perintah' dari Mas Sugeng saya praktekkan hari ini. Satu persatu saya ikuti petunjuknya dan akhirnya berhasil. Nggak sampai 30 menit kok. Nah sekarang, saya mau berbagi pengalaman juga pada sob-sob sekalian, mana tau ada yang pakai blogspot dan mau beralih ke domain pribadi.

Yuk, ikuti langkahnya:

1. Masuk ke DASHBOARD

2. Pilih menu SETELAN > DASAR > klik +SIAPKAN URL PIHAK KE-3 UNTUK BLOG ANDA


3. Masukan nama domain (jangan lupa pakai www) kemudian klik SIMPAN
foto ini saya pinjam dari sugeng.id karena saya lupa printscreen




4. Nanti akan muncul peringatan KESALAHAN. But no problem karena langkahnya memang belum selesai. Catat 2 DNS Recordsnya. Ini akan kita pasang di pengaturan DNS domain nanti.


5. Sekarang masuk ke http://clientzone.rumahweb.com (disesuaikan di mana kita beli domain) 

6. Pilih menu DOMAIN klik LIST DOMAIN SAYA



7. Pilih KELOLA DOMAIN 


8. Klik MANAGED DMS


9. Kalau muncul begini rupa klik aja START



10. Kalau muncul begini klik UPDATE



11. Klik NEW RECORD


12. Masukkan kode DNS RECORD yang diberikan blogger pada STEP 4 tadi.




Note:
Domain: masukkan kode nama seperti pada STEP 4
TTL: tetap 14400
Record Type: CNAME
Hostname: masukkan kode TUJUAN sesuai STEP 4

Kalau sudah, klik ADD RECORD


Masukkan DNS RECORD yang kedua kali. Ulangi seperti di atas

Keterangan:

Domain: masukkan kode NAMA seperti pada STEP 4
TTP: biarkan saja 14400
Record Type: CNAME
Hostname: masukkan kode TUJUAN seperti pada STEP 4

Kalau sudah klik ADD RECORD

13. Masukkan 4 DNS RECORDS tambahan agar domain bisa diakses tanpa www.

Keterangan:

Domain: kosongkan
TTL: 14400
Record Type: A
IP or Hostname: masukkan 216.239.32.21

14. Balik lagi ke DASHBOARD blooger > SETELAN klik SIMPAN

15. Domain sudah terpasang

16. Agar blognya bisa diakses tanpa www, jangan lupa conteng pada bagian Alihkan namadomain.com ke www.namadomain.com.

17. SELESAI

Note: saya hanya perlu menunggu beberapa menit untuk mengakses blog dengan domain pribadi. Dalam beberapa case bisa juga menunggu 1x24 jam.

Selamat mencoba yaa. Jangan lupa tinggalkan komentar kalau artikel ini bermanfaat

9 komentar:

  1. Ye ye ye ye, selamat dapat kontrakan baru kak ihaaan

    BalasHapus
  2. Keren. Saya juga pengen punya domain pribadi, tapi ni blm tergerak hati. Masih sbuk sama bayi & blm bisa banyak update. J
    Hehe.

    BalasHapus
  3. Wah keren, ribet gak sih mas?
    btw ini ngikutin langkah2nya dr mas Sugeng ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mbak Ursula,

      Nggak ribet kok kalau kita ikuti stepnya satu persatu. Iya ini aku ngikuti stepnya Mas Sugeng

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung. Salam blogger :-)

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email