Minggu, 28 Januari 2007

Wijaya Kusuma


Assalamualaikum wr wb



Pernah liat bunga seperti ini? Aku juga baru liat sekali seumur hidup. Cantik kan? Itulah bunga yang tumbuh dihalaman rumahku di kampung, yang ku ambil gambarnya dengan meminjam hanphone seorang kakakku yang baik hati (thanks ya kak). Menurut cerita orang-orang, bunga itu bernama wijaya kesuma. Yang menarik adalah tidak setiap pohon yang ditanam akan menghasilkan bunga. bahkan bisa dikatakan jarang terjadi. Pernah ada orang yang menanam pohon bunga ini tidak pernah melihatnya berbunga walaupun sudah berumur lebih dari tiga tahun.

Pohon bunga ini termasuk aneh, karena pohonnya terdiri dari lembaran daun. Jadi dari daun yang sudah tua akan keluar daun muda dan daun tua tadi menjadi batang atau dahannya. Pun dengan bunganya. kalau nanti memang akan berbunga, maka bakal bunga itu akan keluar juga dari daunnya. Setelah keluar kuncupnya hingga beberapa minggu, maka bunga akan mekar.


Anehnya lagi, bunga hanya mekar sekali setelah itu layu dan tidak akan mekar lagi. mekarnya pada malam hari, mulai kira-kira pukul 21.00 hingga pukul 02 dinihari. Jadi, kalaupun kita sudah melihat kuncupnya, belum tentu juga akan dapat melihat bunganya karena bisa saja terjadi saat bunganya mekar, kita sedang tertidur lelap.Orang-orang juga menyebutnya dengan bunga Sri Rejeki, karena ada kepercayaan bahwa siapa saja yang menanam bunga itu lalu dapat melihat bunganya maka itu suatu pertanda bahwa ia orang yang akan banyak rejeki. Menurutku yaaa... dapat rejeki melihat bunga itu, karena jarang kan orang beruntung seperti itu.Nah, menurutku aku memang sangat-sangat beruntung.


Tidak pernah menanam bunga itu tetapi ketika aku pulang kampung bertepatan dengan dia berbunga. Dan ketika bunga itu mekar bertepatan pula dengan aku pulang dari rumah seorang teman lama untung ngobrol panjang lebar tentang masa lalu. Segera pinjam kamera dan jepret-jepret jadilah gambarnya dihadapanmu sekarang.Sampai sini dulu, maaf oleh-olehnya hanya bunga. Bunga Wijaya Kesuma dan bunga rindu juga tentunya


Wassalam

----------------------------
aku juga termasuk orang yang beruntung itu karena orang beruntung mengirimkannya kepada ku, thanks alot honey....





Previous Post
Next Post

Coffee addicted and mother of words

2 komentar:

  1. Salam...

    Bolehkah saya mencicipi sedikit keberuntungan tersebut? Jika boleh, sudilah kiranya kawan kirimkan bibit wijaya kusuma tersebut, atau sekedar batang untuk stekannya... :)

    Kalau boleh, tolong kontak saya di ganjar.kuswara@gmail.com atau sms ke 022-70051133

    terima kasih

    -tabik

    BalasHapus
  2. wah bunga langka ya? baru kali ini ane tahu...nice info gan...

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung. Salam blogger :-)